Beauty, sudah sejauh mana persiapan kamu menyambut Hari Raya Idulfitri nanti? Meski enggak bisa mengunjungi keluarga di kampung halaman, tapi kamu masih bisa kok merasakan euforia Lebaran bersama keluarga di rumah. Selain lekat dengan momen saling bermaaf-maafan dan memperkuat tali silaturahmi, Lebaran juga begitu lekat dengan sejumlah makanan khas yang dihidangkan.

Sebut saja seperti Ketupat yang bisa dibilang wajib ada ketika momen Idulfitri tiba. Enggak cuma ketupat, masih banyak lho kudapan khas yang wajib ketika Lebaran. Makanan-makanan yang sudah dinantikan sejak jauh-jauh hari dan paling afdhal disantap ketika momen Lebaran yang dirayakan bersama keluarga.

Penasaran dengan menu makanan apa saja yang wajib ada di Hari Raya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut lima di antaranya:

Ketupat 

Ketupat bak sebuah iconic yang menggmbarkan momen Lebaran. Ibarat kata, kalau enggak ada Ketupat rasanya kurang afdhal merayakan momen Hari Raya. Usut punya usut ternyata ada filosofi yang dikaitkan antara Ketupat dan juga Lebaran lho, Beauty.

Anyaman kulit yang rumit dan saling tumpang tindih, menggambarkan perjalanan hidup yang sering kali menemui masalah di dalamnya. Sedangkan arti tali anyaman yang enggak putus, dikaitkan dengan makna pentingnya menjaga tali silaturahmi.

Makanan berbahan dasar beras atau ketan ini emang paling enak disantap dipadukan dengan sayur ketupat, lengkap dengan daging atau telur semur serta kerupuk emping yang menggugah selera. Biasanya ketupat juga sering disajikan dengan opor ayam atau rendang sekali pun. Yummy banget pokoknya! 

Baca Juga: Jangan Keliru, Begini Cara Tepat Pakai Blush On Sesuai Bentuk Wajah, Idulfitri Besok Bisa Tampil Cantik nan Merona Deh!

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas