Di momen lebaran, keuangan menjadi salah satu hal yang krusial selain kesehatan. Pasalnya, sebagian keluarga ada yang mengeluarkan uang berlebih saat hari Raya. Nah, lantas bagaimana ya caranya mengatur keuangan setelah lebaran? Perlu enggak ya mencatat keuangan harian setiap harinya?

Mengutip dari Finansialku (15/5/2021), mencatat keuangan harian (mencatat transaksi pribadi, uang masuk dan uang keluar) adalah cara yang mudah untuk memulai mengatur keuangan. Bagaimana cara mencatatnya?

Kamu enggak perlu pusing dengan istilah debit, kredit dan lain-lain. Cukup gunakan istilah yang gampang kamu mengerti dalam mencatat keuangan harian. Penulis menyarankan kamu menggunakan kata-kata seperti:

Uang masuk ke dompet = ada sejumlah uang yang masuk ke dompetmu. Biasanya berasal dari gaji bulanan, hasil investasi, bisnis dan lain-lain.

Uang keluar dari dompet = ada sejumlah uang yang keluar dari dompetmu. Contohnya adalah biaya listrik, telepon, tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan, biaya sekolah anak dan lain-lain.

Jangan pusingkan istilah-istilah keuangan. Gunakan saja bahasa yang mudah, format penulisan yang sederhana, toh laporan keuangan tersebut dibaca oleh kamu dan pasangan (enggak dilaporkan ke badan tertentu).

Lalu, di mana ya saya bisa mencatat? Banyak sekali media yang bisa kamu gunakan untuk mencatat, mulai dari paling sederhana kertas dan pen, menggunakan aplikasi worksheet (seperti Microsoft Excel) dan menggunakan aplikasi-aplikasi khusus untuk merencanakan keuangan seperti aplikasi perencana keuangan. 

Carilah media yang paling mudah dan sederhana, agar kamu dapat melakukan pencatatan kapanpun, di manapun kamu berada. 

Sehabis dari restaurant, sehabis belanja dapur, sehabis membeli elektronik, bahkan sehabis kamu membayar uang parkir.

Jujur saja, penulis mengakui kebiasaan untuk mulai mencatat keuangan adalah hal yang sulit. Seperti halnya orang yang mau menurunkan berat badan, mulai berangkat ke gym atau berolahraga adalah hal yang sangat sulit. 

Baca Juga: Ngerasa Boros Selama Pacaran? Simak 5 Tips Ini Untuk Mengatasinya!

Tetapi, setelah kamu mencobanya, kamu baru akan merasakan manfaatnya. Serupa dengan berolahraga, kebiasaan mencatat keuangan akan menghasilkan manfaat yang luar biasa, kalau enggak percaya silakan kamu coba! 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas