Bayi kadang-kadang atau sering sekali menyisakan susu di botolnya. Moms tentu pernah merasa sayang membuangnya dan berencana memberikan susu sisa itu lagi.

Sebenarnya boleh gak sih memberikan susu sisa itu kepada si kecil? 

Dikutip dari berbagai sumber, (17/05/2021) Moms gak harus membuang ASI atau susu formula sesegera mungkin. Simpanlah botol dalam temperatur ruang, tutup botolnya, dan amati apakah bayi lapar kembali dalam beberapa saat. 

Jika setelah satu jam ia masih tak tertarik, buang saja susu dalam botol tersebut. Bakteri dapat berpindah dari mulut bayi ke dalam botol. Jika botol dibiarkan lebih dari satu jam, bakteri dapat memerbanyak diri dengan cepat dan dapat membuat anak jadi sakit.

Hal yang sama terjadi jika Moms meletakkan susu botol di dalam kulkas. Bakteri dapat memerbanyak diri di sana. Jadi yang terbaik adalah bermain aman dan buanglah susu botol setelah satu jam. 

Baca Juga: Ingin Pakai Botol Susu Anak? Coba Produk Pigeon Peristaltic Ini Deh, Dijamin Tak Akan Bingung Puting!

Untuk menghindari membuang susu formula ataupun ASI, bagilah susu ke dalam botol-botol yang lebih kecil. Sebagai contoh, jika bayi yang berumur satu bulan biasanya menghabiskan 4 ons dalam sekali minum, taruhlah 2 ons ke dalam suatu botol, lalu taruhlah 2 ons lain ke dalam botol yang siap sedia saat bayi membutuhkannya. Itu pun tentu kalau Moms tak keberatan mencuci botol ekstra.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas