Bayi selalu menggunakan popok dalam kesehariannya. Popok bisa menahan kencing dan pup bayi supaya gak berceceran. Di balik manfaatnya, popok juga bisa menimbulkan masalah untuk bayi, salah satunya lecet di bokong dan selangkangan bayi.

Apakah Moms pernah menemukan ruam merah pada pantat dan selangkangan si kecil? Kalau sudah terjadi, si kecil pasti mudah rewel karena rasa tak nyaman yang diakibatkan oleh lecet tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, (17/05/2021) kalau terjadi ruam kemerahan, timbul gatal-gatal, bentol-bentol atau lecet saat pemakaian popok kemungkinan bisa saja si kecil mengalami dermatitis popok atau diaper dermatitis atau napkin dermatitis. 

Gejalanya adalah munculnya kulit kemerahan yang bengkak, terutama pada bokong, paha, di sekitar alat kelamin bayi, serta bayi yang bertambah rewel.

Ruam popok terkadang dapat memicu infeksi sehingga membutuhkan penanganan dokter untuk terapi lebih lanjut. Disarankan Moms mencoba untuk menggunakan popok kain bukan popok atau diapers buatan pabrik.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Diaper Cream, Mana yang Paling Ampuh Atasi Ruam Popok Anak?

Selain itu sesegera mungkin ganti popok bila basah, karena bila lebih lama kontak dengan urine atau kotoran biasanya akan bisa memperparah gejala, dan segera konsultasi ke dokter kalau gejala tak berkurang, ya Moms.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas