Alma Andrea Meza Carmona atau yang lebih dikenal dengan nama Andrea Meza, berhasil meraih mahkota Miss Universe 2020. Setelah bersaing dengan 73 perwakilan dari negara lainnya di malam grand final Miss Universe ke-69.

Meza berhasil menyabet gelar 'Ratu Sejagad' dan menerima mahkota kemenangan, yang disematkan oleh Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi di Seminole Hard Rock Hotel & Casino, Florida, Amerika Serikat, Minggu (16/5/2021) malam.

Pada malam kemenangannya itu, Meza tampil cantik dan memukai dengan gaun panjangnya berwarna merah. Saat namanya disebut sebagai juara ajang Miss Universe 2020, Meza terdengar berteriak seakan terkejut dengan hasil akhir yang didengarnya.

Seperti yang disebutkan dalam beberapa sumber, Meza merupakan anak tertua dari tiga bersaudara dan memiliki keturunan Tiongkok. Ia lahir pada 13 Agustus 1994 di Chihuagua City, Meksiko.

Meza merupakan lulusan dari Automus University of Chihuahua dan memiliki gelar di bidang software engineering, yang mana jurusan tersebut didominasi oleh laki-laki.

Meza sendiri juga dikenal sebagai seorang aktivis yang berfokus pada hak-hak perempuan dan inklusif. Tak hanya itu, ia juga merupakan bagian dari badan amal dan penggalangan dana di India, Indonesia, dan China yang berfokus pada kaum tertindas.

Andrea Meza memulai kariernya dalam kontes kecantikan pada 2016 lalu. Saat itu, ia terpilih mewakili Chihuahua di Miss World Mexico 2016 dan berhasil masuk ke dalam jajaran lima besar.

Meza juga pernah dinobatkan sebagai salah satu Miss Worls 2017, yang digelar di Sanya, China. Ia berhasil menyandang runner up pertama setelah Manushi Chhillar dari India.

Kini, wanita 26 tahun itu berhasil menjadi wanita Meksiko ketiga yang memenangkan mahkota, setelah Lupita Jones dan Ximena Navarrete.

Keren banget ya, Beauty!

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas