Saat Hari Raya Idulfitri, pasti banyak makanan lezat yang dihidangkan. Namun, meskipun rasanya lezat, beberapa makanan khas lebaran bisa memicu berbagai penyakit jika dikonsumsi berlebihan.

Makanan dan minuman yang disajikan saat Hari Raya Idulfitri banyak mengandung lemak, garam, dan gula yang tinggi. Makanya bisa menyebabkan berbagai penyakit. 

Melansir dari berbagai sumber (18/5/2021), berikut ini adalah berbagai penyakit yang bisa muncul setelah lebaran. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Radang tenggorokan

Saat lebaran, pasti kamu banyak mengonsumsi makanan yang pedas. Akhirnya, kamu pun merasakan sakit radang tenggorokan. Gejala yang akan muncul, seperti sakit pada tenggorokan, sakit saat menelan, dan sakit kepala. Hati-hati, ya!

Flu dan batuk

Flu dan batuk juga rentan muncul setelah lebaran. Hal tersebut terjadi karena minuman yang disajikan saat lebaran biasanya dingin dan manis. Meskipun terasa menyegarkan, banyak minum manis dan dingin dapat menyebabkan flu dan batuk.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas