Bercinta bisa menjadi salah satu upaya untuk membuat hubungan menjadi lebih romantis. Jika dilakukan dengan benar, bercinta akan membuat ketagihan. Namun, beberapa wanita sering merasakan sakit ketika sedang behubungan intim. Mungkin itu bisa disebabkan oleh endometriosis lho.

Seperti sudah diketahui, endometriosis yang diidap oleh banyak wanita mempengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk menstruasi, kesehatan mental, kesuburan, kehidupan seks, dan masih banyak lagi.

Endometriosis adalah kondisi di mana iaringan yang mirip dengan lapisan di dalam rahim (dikenal sebagai endometrium) tumbuh di luar rahim. Pada wanita endometriosis, endometrium tumbuh di ovarium, saluran tuba, jaringan panggul, kandung kemih, saluran pencernaan atau di area lain dari rahim.

Selama siklus menstruasi, jaringan yang salah tempat ini berperilaku seperti saat berada di dalam rahim, yakni menebal dan luruh tetapi tubuh tak tahy bagaimana cara mengeluarkan darah tersebut hingga menyebabkan peradangan. Akibatnya, jaringan parut, adhesi dan kista bisa terbentuk akibat tumbuhnya endometrium di luar rahim.

Gejala endometriosis termasuk kram, nyeri kronis, menstruasi yang berat, kelelahan, buang air besar yang tak nyaman, dan sulit untuk hamil.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 menemukan bahwa dua pertiga wanita dengan endometriosis mengalami beberapa bentuk disfungsi seksual, termasuk seks yang menyakitkan, yang dikenal sebagai dispareunia.

Baca Juga: Ingin Semakin Liar di Ranjang? Minta Suami Sentuh Bagian Tubuh Ini Deh Biar Makin Nikmat!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas