Memiliki anak tentu menjadi hal yang sangat membahagiakan bagi orang tua. Tapi, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa orang tua dari anak kembar lebih berisiko untuk bercerai lho.

Melansir laman Reuters (18/5/2021), Dr. John Moore, seorang dokter anak di Virginia Tech-Carilion School of Medicine di Roanoke mengatakan bahwa mungkin perceraian yang terjadi pada orang tua anak kembar disebabkan oleh tekanan yang ditimbulkan ketika merawat anak kembar. Selain itu, bisa juga dipicu oleh tekanan emosional atau masalah finansial karena memiliki anak kembar.

Dalam penelitian ini, Dr. Anupam Jena dari Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston dan rekan-rekannya menggunakan data dari sensus tahun 1980 untuk membandingkan status perkawinan orang tua yang memiliki anak kembar serta orang tua dengan anak tunggal dari 800.000 keluarga. Secara total, sekitar 14 persen ibu yang memiliki anak kembar bercerai dengan suaminya. Sementara hanya berbeda satu persen, ada 13 persen ibu yang memiliki anak tunggal bercerai dengan pasangannya.

Peceraian ketika memiliki anak kembar juga bisa disebabkan dengan rasa stres dan kurang tidur daripada kelompok orang tua dengan satu bayi. Faktor keuangan juga kemungkinan berperan, terutama ketika anak-anak bertambah besar. 

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Jawab, Ini 4 Hal yang Akan Ditanyakan Anak Jika Orang Tuanya Bercerai

Meski begitu, hal ini belum dapat dipastikan secara lebih lanjut. Di luar sana banyak juga orang tua yang hubungannya langgeng meski memiliki anak kembar.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas