Saat kita memulai sebuah hubungan, kita pasti menginginkan akhir yang bahagia. Tetapi jika ternyata tak berjalan sesuai rencana, paling tidak kita menginginkan sebuah akhir yang baik seperti saat dimulai dulu. Tentunya dibutuhkan sikap dewasa untuk mengakhiri sebuah hubungan dengan cara seperti ini.

Mengutip dari berbagai sumber, (19/05/2021) pelajari seni mengakhiri dengan cara yang sehat. Lakukan empat hal ini ketika kamu mengakhiri sebuah hubungan, sehingga pasangan yang akan segera menjadi mantan tak akan merasa seperti sedang dicampakkan, dan pada akhirnya kalian selalu ingat meskipun harus berakhir hubungan yang sudah dijalani selama ini bukannya tak berarti.

Katakan dengan terus terang

Kamulah yang akan membawa kabar buruk itu ke pasanganmu. Tentu kamu perlu menyampaikannya dengan baik. Bertanggung jawablah dengan tak berputar-putar saat mengatakannya. Merasa bersalah karena mengakhiri sebuah hubungan adalah risiko yang harus kamu ambil. Toh, kamu sudah mempertimbangkannya berkali-kali. Jadi katakan dengan jujur dan terus terang. Jelaskan dengan baik mengapa hubungan ini tak lagi sesuai untukmu.

Jangan saling menyalahkan

Jangan biarkan emosi mengendalikanmu dalam masa-masa putus ini. Alih-alih menuruti amarah atau muak, cobalah 'menyerap' situasi yang ada dan lepaskan perlahan. Ingatlah, diperlukan dua orang untuk membuat kesalahan yang mengakhiri sebuah hubungan. Tak peduli betapa tak termaafkan kesalahan yang dia buat, kamu juga ambil bagian dalam kegagalan itu. Jadi tak perlu saling menyalahkan.

Baca Juga: Waduh, 3 Kebiasaan Saat Bercinta Ini Bikin Hubungan Pernikahan Gak Langgeng! Kok Bisa?

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas