Mendekati hari persalinan, perasaan para orang tua tentu sedang campuk aduk. Bahagia, cemas, dan rasa tak sabar menghampiri para orang tua, terlebih untuk ibu.

Perasaan itu kadang bisa membuat para orang tua melewatkan beberapa barang yang harusnya dipersiapkan untuk sang jabang bayi. Nah, untuk menghindari hal itu, sebaiknya barang-barang yang diperlukan oleh sang buah hati sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Agar tak kebingungan, terlebih bagi para orang tua baru, berikut ini beberapa barang penting yang harus dipersiapkan sebelum bayi lahir:

1. Pakaian

Mungkin pakaian bayi menjadi barang pertama yang dibeli oleh calon orang tua. Namun, dengan banyaknya pilihan pakaian yang ada di pasaran terkadang membuat calon orang tua menjadi bingung mana yang harus dibeli, seperti piyama, kaus, hingga legging.

Sebaiknya pilihlah pakaian yang nyaman digunakan oleh bayi, baik dari segi bahan hingga model yang praktis ketika ingin mengganti popok. Selain itu, jangan terlalu banyak membeli pakaian New Born karena bayi sangat cepat tumbuh sehingga pakaian tak akan mungkin dipakai dalam waktu yang lama.

2. Sarung Tangan dan Kaus Kaki

Selain pakaian, orang tua juga tak boleh lupa menyiapkan sarung tangan serta kaus kaki untuk sang buah hati. Sarung tangan serta kaus kaki dianggap bisa membuat bayi tetap hangat dan mencegah kedinginan. Serta, sarung tangan juga bisa menghindari wajah atau tubuh bayi dari goresan karena kukunya yang panjang.

3. Alat Mandi

Tak kalah penting, alat mandi juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum melahirkan. Pasalnya banyak sekali barang-barang mandi yang harus disiapkan. Barang-barang tersebut seperti bak mandi, handuk, sabun dan sampo.

4. Popok

Hal yang paling penting dipersiapkan dalam jumlah banyak adalah popok. Saat baru lahir kedunia, bayi akan buang air kecil sebanyak 10-20 kali dalam sehari. Selain itu, dalam sehari bayi juga bisa buang air besar sebanyak 4-12 kali dalam sehari.

Jangan lupa, orang tua juga harus menyiapkan krim untuk mengatasi ruam popok yang rentan dialami oleh bayi baru lahir.

5. Alat untuk Kebutuhan Menyusui

Baca Juga: Bolehkah Memberikan Air Putih pada Bayi untuk Jaga Hidrasi Tubuhnya?

Ketika baru melahirkan, ASI masih belum ke luar secara menyeluruh. Selain dari hisapan bayi, dibutuhkan juga alat untuk merangsang produksi ASI seperti pompa ASI. Jika memutuskan untuk rutin memerah ASI, berarti orang tua juga harus menyiapkan tas penyimpan ASI serta botol untuk menyusui.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas