Beauty, apakah kamu pernah merasa sakit pada bagian vaginamu? Banyak penyebab vagina terasa sakit, bisa karena sedang menstruasi, infeksi, gangguan saraf, atau yang lainnya. 

Vagina yang sakit memang sangat mengganggu dan kondisi ini bisa terjadi sebagai gejala berbagai macam penyakit, seperti endometriosis hingga infeksi jamur dan bakteri. Namun, apa sih sebenarnya penyebab vagina terasa sakit selain sedang menstruasi?

Melansir dari berbagai sumber (19/5/2021), berikut ini adalah penyebab vaginamu terasa sakit. Yuk, simak baik-baik, ya!

Infeksi

Infeksi jamur menjadi salah satu penyebab vaginamu terasa sakit. Rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi ini biasanya disertai dengan rasa gatal, panas, dan keluarnya keputihan kental dari vagina.

Enggak hanya infeksi jamur, ada juga beberapa infeksi yang membuat vaginamu sakit, seperti infeksi bakteri pada vagina. Infeksi bakteri ini juga akan membuat vagina terasa panas, berbau amis, dan terasa sakit saat berhubungan seksual.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas