Ketika sedang hamil, tubuh mengalami banyak perubahan. Tak hanya sampai di situ, perubahan juga tetap terjadi saat melahirkan. Salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah perubahan vagina yang menjadi lebih 'longgar'. Tapi, apakah itu benar terjadi atau hanya mitos belaka?

Seperti diketahui bahwa Miss V memiliki otot yang sangat elastis. Otot Miss V dapat meregang dan kembali ke bentuk semula, namun memang seiring bertambahnya usia serta pascamelahirkan, otot-otot di sekitar Miss V mungkin mengalami penurunan kinerja. Otot dasar panggul yang mengelilingi Miss V dapat melemah seiring berjalannya waktu. Hal ini pun menyebabkan perasaan kendur pada bagian Miss V.

Wajar jika Miss V berubah setelah melahirkan pervaginam. Otot-otot disekitar Miss V meregang agar bayi dapat melewati jalan lahir dan keluar dari vagina ibu. Setelah bayi lahir, kamu mungkin memperhatikan bahwa vagina terasa sedikit lebih longgar dari biasanya. Tapi, jangan khawatir karena itu sangat normal. Vagina akan mulai pulih kembali beberapa hari setelah melahirkan, meskipun mungkin tak akan kembali ke bentuk aslinya.

Jika kamu pernah melahirkan berkali-kali, otot-otot vagina kemungkinan besar akan kehilangan sedikit elastisitasnya. Jika kamu terganggu dengan hal ini, ada latihan yang dapat dilakukan untuk memperkuat otot dasar vagina sebelum, selama, dan setelah kehamilan, seperti latihan kegel.

Baca Juga: Beauty, Jangan Sampai Kurang Minum Air Putih Ya! Bisa Bikin Miss V Jadi...

Latihan kegel disarankan untuk para wanita karena bisa mengatasi masalah pada otot di bagian panggul bawah. Pasalnya setelah melahirkan, otot panggul bawah menjadi lebih lemah sehingga wanita merasa bahwa vaginanya lebih longgar.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas