Setiap orang tua, pasti ingin anaknya tumbuh dan berkembang secara sehat. Hal itu juga berlaku bagi kesehatan gigi dan mulit anak. Namun, masih banyak orang tua yang kebingunan sebenarnya perawatan gigi apa saja yang dibutuhkan oleh si kecil.

Para orang tua ingin mencegah gigi berlubang, tetapi mereka masih belum terlalu paham bagaimana cara terbaik untuk merawat gigi anak. Kapan anak harus mulai menyikat gigi?

Melansir laman Kids Health (20/5/2021) menjaga kesehatan mulut yang baik dimulai sebelum gigi pertama bayi muncul. Hanya karena anak belum tumbuh gigi, bukan berarti kesehatan mulutnya menjadi diabaikan. Gigi sebenarnya sudah mulai terbentuk pada trimester kedua kehamilan. Saat lahir, bayi memiliki 20 gigi sulung, beberapa di antaranya tumbuh sempurna di rahang.

Sebelum bayi mulai tumbuh gigi, usapkan waslap bersih yang lembap pada gusi untuk membersihkan bakteri berbahaya. Jika sudah mulai tumbuh gigi dan sudah mengonsumsi MPASI, para orang tua disarankan untuk menggunakan pasta gigi berfluorida seukuran sebutir beras. Ketika menggunakan pasta gigi berfluorida, anak-anak harus terus diawasi oleh orang tua agar tak tertelan. Pasti gigi berflourida berguna untuk menjaga gigi dari berbagai kerusakan.

Salah satu pasta gigi berflouride yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah KODOMO Pasta Gigi, Perlindungan Gigi Sejak Dini. Pasta gigi keluaran Kodomo ini tersedia dengan berbagai rasa, salah satunya adalah strawberry yang pasti disukai anak-anak.

Pasta gigi ini memiliki bahan aktif Fluoride yang sesuai dengan anak. Selain itu, terdapat juga Xylitol ramah gigi yang efektif membantu mencegah gigi berlubang & menjaga gigi anak tetap kuat.

Pasta gigi ini sangat mudah ditemukan, seperti di mini market ataupun super market. Harga pasta gigi ini juga sangat terjankau, yakni Rp6.000 untuk 45 gram.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas