Kram setelah berhubungan seks bisa terjadi sesekali. Tapi apakah itu normal? Bagaimana cara untuk meringankan gejalanya? 

Kram perut pascabercinta tak selalu menandakan hal buruk, itu juga bisa terjadi ketika kamu merasa klimaks hingga capai orgasme. Ada beberapa alasan mengapa kamu mungkin merasakan kram atau sakit perut setelah berhubungan seks, berikut penjelasannya:

Orgasme

"Sangat normal untuk mengalami kram dibagian perut setelah berhubungan seks, terutama jika kamu mengalami orgasme," kata Heather Bartos, seorang OB-GYN di Dallas, Texas. 

Bartos juga menambahkan bahwa orgasme hanyalah kontraksi spontan dari otot rahim. Kontraksi ini dapat berlanjut untuk jangka waktu yang singkat setelah hubungan seks berakhir hingga menyebabkan rasa kram.

Awal Kehamilan

Banyak wanita yang mengalami nyeri perut kram selama masa awal kehamilan. Kondisi kam perut ini juga semakin diperparah ketika melakukan hubungan seksual. Kecia Gaither, dokter bersertifikat papan ganda di OB-GYN mengimbau para ibu untuk berhati-hati ketika berhubungan seks apalagi ketika kandungannya masih sangat dini.

Baca Juga: Suami Ogah Bercinta, Kenapa Bisa Begitu Ya?

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas