Sudah setahum lamanya, anak-anak harus melakukan kegiatan belajar di rumah. Hal itu dilakukan karena adanya pandemi COVID-19.

Bukan waktu yang sebentar, pembelajaran yang dilakukan secara daring bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak lho. Enggak cuma anak, orang tua juga bisa ikut terpengaruh dengan anaknya kegiatan belajar di rumah.

Apakah Moms jadi lebih sering marah-marah selama anak berada di rumah? Jika sering terjadi, sebaiknya Moms mulai belajar untuk mengelola emosi nih. Hal ini penting dilakukan agar anak-anak bisa mengembangkan kecerdasan emosinya atau biasa disebut EQ.

Psikolog Novy Yulianty, M.Psi., menjelaskan bahwa ketika dimarahi orang tuanya saat belajar daring, anak akan menangkap aura negatif itu dan itu mempengaruhi tumbuh kembangnya. Selain itu, orang tua juga harus tepat memposisikan diri saat anak sedang sekolah jarak jauh.

"Ketika ada keterlibatan orang tua dalam arti negatif ya, kayak misalnya tugas yang harusnya dikerjakan oleh anak kemudian malah dikerjakan orang tua kemudian ini juga sangat berpengaruh kepada kecerdasan emosional anak (EQ)," ujar Novy saat menjadi pembicara di acara HaiBunda Squad Online, Sabtu (22/5/2021).

"Kecuali keterlibatan orang tua itu mendampingi anak belajar, mensupport. Tapi, ketika mengerjakan seluruh pekerjaan anak tentunya itu akan berdampak negatif, apalagi kalau anak tahu dan berpikir 'Ah nanti kalau aku nggak kerjain juga akan dikerjain PR aku sama Bunda'," sambung Novy.

Sikap orang tua tersebut akan berpengaruh terhadap kecerdasan emosional anak. ketika orang tua terbiasa membantu tugas anak saat sekolah jarak jauh, anak menjadi enggak bisa mengembangkan kemampuan diri, kurang bisa membangun motivasi diri, dan mengontrol dirinya sendiri karena dia tahu akan ada orang yang membantunya.

"Mungkin menurut kita ini adalah hal kecil ya, ini akan membentuk pemikirin anak 'Ah apapun yang aku enggak bisa, nanti pasti ada yang menolong' sehingga dia tidak muncul keinginan inisiatifnya seperti itu," tukas Novy.

Baca Juga: Sekolah Ditutup, Intip Pelaksanaan Sekolah Daring di Berbagai Penjuru Dunia!

Demi memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei lalu, HaiBunda menggelar acara HaiBunda Squad Online pada Sabtu (22/5/2021) pukul 10.00 WIB. Acara ini bertajuk Peran Bunda Sebagai Guru Pertama Si Kecil di Rumah. Pembicara dalam acara ini adalah Tennie Marlim (Program Coordinator Sekolah Murid Merdeka), Tita Ardiati (Principal Coach Mindtera), Novy Yulianty, M.Psi., dan dipandu oleh Zika Zakiya (Managing Editor HaiBunda).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas