Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang merasa risih dengan tumbuhnya rambut atau bulu di ketiak. Tak jarang pula kamu akan mencukurnya ketika rambut atau bulu tersebut sudah mulai tumbuh di area ketiakmu. Tapi tahu enggak sih, bagian yang selalu dianggap 'musuh' ini ternyata memiliki sederet manfaat bagi kesehatan lho!

Bulu ketiak muncul karena adanya kelenjar pituitari yang memicu sekelompok hormon yang disebut androgen di ovoraiun dan testis. Seperti yang tertea dalam lama Healthline, hormon ini menyebabkan kelenjar keringa apokrin mulai berfungsi dan akhirnya berhubungan dengan folikel rambut di daerah ketiak dan juga kemaluan.

Tumbuhnya rambut atau bulu di sekitar ketiak meupakan salah satu proses tubuh yang normal. Meski sering dianggap 'musuh' oleh sebagian orang, bulu ketiak memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh.

Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (23/5/2021), berikut 4 manfaat memiliki bulu ketiak.

Menurunkan risiko infeksi

Mencukur atau menghilangkan bulu di area tertentu memiliki risiko infeksi yang cukup besar. Terlebih lagi kalau kamu melakukannya di daerah yang sensitif seperti ketiak.

Bulu ketiak memiliki peran sebagai pelindung lapisan kulit. Kalau dicukur habis, justru hal ini membuat kulit ketiak rentan akan infeksi. Jadi, kalau mau cukur bulu ketiak sampai habis, coba dipikir baik-baik lagi ya, Beauty.

Baca Juga: Mencukur VS Waxing, Kira-kira Mana Ya yang Lebih Aman untuk Menghilangkan Bulu?

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas