Moms, pernah dengar kalau ASI terkena wajah bayi bisa bikin gatal-gatal dan meninggalkan bercak putih? Sebagian Moms juga mungkin pernah menemukan ruam merah di pipi si kecil yang terkena tumpahan ASI. Sebenarnya apakah penyebabnya benar-benar karena ASI?

Dikutip dari berbagai sumber, (27/05/2021) ASI mengandung banyak protein dan immunoglobulin (antibodi) yang dapat mencegah terjadinya infeksi. Jadi, ruam merah atau bercak putih pada bayi bukan disebabkan oleh ASI ya, Moms! Tetapi, bukan berarti ASI bisa dioleskan juga ke wajah bayi.

Di dalam ASI, terkandung lemak dan karbohidrat yang harus segera dibersihkan ketika menempel di wajah bayi. Faktor kebersihan lah yang harus Moms perhatikan. Ruam yang ada di kulit bayi akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Lantas bagaimana kalau ternyata ruam pada bayi tak kunjung hilang dan semakin parah? Ini bisa terjadi ketika bayi mengalami alergi. Coba Moms cek apakah Moms mengonsumsi susu sapi atau olahan susu sapi? Jika ya, bisa saja si kecil alergi terhadap susu sapi yang dikonsumsi Moms.

Tetapi jika gejala ini terus berlanjut dan semakin parah hingga membuat di kecil menjadi rewel, segera bawa si kecil ke dokter ya, Moms untuk mengetahui lebih pasti apa penyebab dari alergi yang ia alami.

Baca Juga: Bayi Demam, Bisakah Disembuhkan dengan Mengonsumsi ASI?

Semoga bermanfaat!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas