Moms permah kepikiran gak, kalau lihat si kecil ngoceh sendiri, itu tanda kalau ia lagi "ngobrol" dengan makhluk halus? Anggapan seperti ini banyak beredar di masyarakat. Padahal, peristiwa ini bisa dijelaskan secara psikologis, lho Moms.

Mengutip dari Essential Baby, (27/05/2021) psikolog anak klinis, Dr Erin Bowe menjelaskan kalau sekitar usia 6 bulan, bayi jadi lebih fokus atau mudah memperhatikan sesuatu. Mereka juga sedang melatih kemampuan komunikasinya. Sehingga normal ketika melihat mereka melatih kemampuannya dengan babbling sambil melihat suatu tempat meski di sana tak ada orang.

Di usia tersebut, ketajaman indera penglihatan dan pendengaran bayi pun bertambah, sehingga mereka mulai membangun ketertarikan atas sebuah detail. Noda kecil di dinding yang tidak dianggap oleh orang dewasa bisa saja menarik bagi bayi hingga ia terus memperhatikannya.

Ia menambahkan, anak-anak juga bisa memiliki beragam imajinasi. Hal terpenting yang harus dilakukan orang tua yakni tetap mengawasi dan memperhatikan tiap tahap perkembangan putra-putrinya sehingga ketika ada sesuatu yang dirasa tak wajar, si kecil bisa mendapat penanganan segera.

"Jika anak terlihat murung, sering ketakutan, atau tak mau pergi ke toilet sendiri misalnya, Moms bisa membawanya ke psikolog untuk melihat lagi apa masalah yang membuat anak seperti itu. Bisa jadi karena ia trauma atau bisa saja karena sering ditakut-takuti teman atau orang di sekitarnya," jelas Dr Bowe.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas