Diabetes menjadi salah satu penyakit yang bisa mengancam nyawa. Meski berlangsung jangka panjang, namun jika dibiarkan penyakit ini bisa menggerogoti organ vital lain dalam tubuh. Lantas bagaimana cara mengetahui jika tubuh menderita diabetes?

Sebagian besar gejala diabetes berasal dari kadar glukosa, yakni sejenis gula dalam darah yang lebih tinggi dari kadar normal. Tanda awal penyakit diabetes sangat ringan sehingga banyak orang enggak menyadarinya, apalagi untuk diabetes tipe 2. Berbeda dengan diabetes tipe 1, gejala biasanya terjadi dengan cepat, dalam hitungan hari atau beberapa minggu. Kedua jenis diabetes memiliki beberapa tanda gejala yang sama yakni:

Kelaparan dan Kelelahan

Tanda pertama yang mungkin menjadi gejala awal diabetes adalah merasa lapar dan juga lelah. Pasalnya tubuh mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi glukosa yang digunakan sel untuk energi, tetapi sel membutuhkan insulin untuk mengambil glukosa. Jika tubuh tak menghasilkan insulin atau jika sel menolak insulin yang dibuat tubuh, glukosa tidak dapat masuk ke dalamnya dan kamu tak bisa memiliki energi. Ini bisa membuat tubuh menjadi lebih lapar dan lebih lelah dari biasanya.

Sering Buang Air Kecil dan Haus Terus

Rata-rata orang biasanya buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam 24 jam, tetapi penderita diabetes mungkin buang air lebih sering. Biasanya, tubuh menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal. Tetapi ketika diabetes mendorong gula darah naik, ginjal mungkin tak dapat membawa semuanya kembali turun.

Hal ini menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak air seni, dan itu membutuhkan cairan. Hasilnya tubuh akan sering membuang air. Karena sering buang air kecil, penderita diabetes juga menjadi sangat haus.

Baca Juga: Bahaya Diet Keto Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Lho, Jangan Sembarangan Ya Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas