Saat tangan dan kaki terasa gatal, kamu akan langsung mencari cara untuk mengatasinya. Namun, untuk mengetahui cara penanganan rasa gatal kamu juga harus tahu apa yang memicu masalah kulit tersebut.

Rasa gatal mungkin hanya disebabkan kurangnya kelembapan pada kulit, tapi terkadang, tangan dan kaki yang gatal juga bisa menandakan kondisi kesehatan lain lho. Salah satunya adalah pertanda penyakit diabetes.

Diabetes dapat memengaruhi bagian tubuh, termasuk kulit. Saat diabetes memengaruhi kulit, ini sering kali merupakan tanda bahwa kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh terlalu tinggi. Orang dengan diabetes cenderung mengalami kulit gatal.

Gatal sering kali merupakan gejala polineuropati diabetik, yaitu kondisi yang berkembang saat diabetes menyebabkan kerusakan saraf. Kondisi kulit tertentu yang berkembang akibat diabetes juga dapat menyebabkan kulit gatal.

Ada beberapa alasan mengapa seorang penderita diabetes mengalami gatal di kulit. Terkadang, rasa gatal bisa terjadi akibat kerusakan serabut saraf di lapisan luar kulit. Seringkali, penyebab gatal terkait diabetes adalah polineuropati diabetik atau neuropati perifer. Ini adalah komplikasi diabetes yang berkembang ketika kadar glukosa darah tinggi menyebabkan kerusakan pada serabut saraf, terutama di kaki dan tangan.

Sebelum kerusakan saraf mulai terjadi pada penderita diabetes, sitokin tingkat tinggi beredar di tubuh. Ini adalah zat peradangan yang bisa menyebabkan gatal. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa peningkatan sitokin pada akhirnya mungkin memiliki hubungan dengan kerusakan saraf diabetes.

Penderita diabetes juga bisa mengalami komplikasi, termasuk gagal ginjal atau hati, yang juga bisa menyebabkan gatal-gatal. Beberapa penderita diabetes mungkin mengalami kulit gatal sebagai efek samping yang merugikan dari pengobatan baru atau memiliki reaksi alergi terhadapnya.

Baca Juga: Bahaya Diet Keto Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Lho, Jangan Sembarangan Ya Moms!

Tanda-tanda gatal karena diabetes sangat bervariasi dan tergantung penyebabnya. Misalnya, jika menderita neuropati perifer, mereka lebih mungkin mengalami gatal-gatal di bagian bawah tungkai. Mereka mungkin juga mengalami kebal di di kaki atau tangan. Sensasi kesemutan mungkin menyertai gejala ini. Sementara orang dengan kondisi kulit atau infeksi tertentu akan gatal di tempat yang terdapat bercak atau lesi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas