Diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diidap oleh masyarakat masa kini. Penyakit jangka panjang ini akan berakibat fatal jika tak ditangani dengan serius.

Namun, hingga kini belum ada obat yang secara resmi ditujukkan untuk mengobati penderita diabetes. Dengan belum tersedianya obat diabetes, penyakit ini pun hanya bisa diredakan dengan menjalani pola hidup sehat.

Bagi orang-orang yang telah didiagnosis dengan diabetes, mungkin akan mengkhawatirkan dan ingin bisa sembuh dari penyakit ini. Semua orang berlomba-lomba untuk melakukan hal-hal yang paling berpengaruh untuk meringankan penyakit ini.  Tak perlu khawatir, dilansir dari HuffPost berikut ini adalah cara sederhana untuk mengelola diabetes:

Menurunkan Berat Badan

Untuk meminimalkan efek diabetes langkah pertama yang harus dilakukan adalah menurunkan berat badan. Pasalnya data menunjukkan bahwa delapan dari setiap sepuluh pasien diabetes tipe 2 disebabkan karena kelebihan berat badan. 

Oleh sebab itu, sudah jelas bahwa menghilangkan lemak tubuh yang tidak berguna, terutama lemak di sekitar perut yang jadi penyebab utama diabetes.

Langkah pertama untuk mengurangi berat badan adalah merancang program olahraga yang akan mendorongmu untuk benar-benar berlahraga. Langkah terpenting adalah menjadi aktif secara fisik dan menghindari gaya hidup yang kurang banyak bergerak.

Diet Sehat

Baca Juga: Bahaya Diet Keto Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Lho, Jangan Sembarangan Ya Moms!

Diet juga sangat penting agar bisa berhasil mengelola obesitas. Meskipun hidup dengan diabetes tak berarti kamu harus menghindari makanan lezat, namun kamu perlu mengimbangi makanan yang dikonsumsi dengan nutrisi dari sayur dan buah. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas