Ketika memasuki usia tujuh atau delapan bulan, penting bagi bayi untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan. Selain ASI dan susu formula,  si kecil bisa mulai mengonsumsi sereal bayi, daging atau protein lainnya, buah, sayur, biji-bijian, yogurt, dan keju.

Dari usia 6 hingga 12 bulan, selain ASI, bayi juga mulai mengonsumsi makanan padat sebagai pendamping.

Pengenalan terhadap makanan padat ini sangat penting bagi perkembangan bayi. Selain karena kebutuhan nutrisi, hal ini juga membantu membiasakan mereka untuk makan selanjutnya.

Mengenalkan anak pada makanan padat ini merupakan fase transisi yang butuh persiapan baik oleh buah hati dan orangtua. Dilansir dari berbagai sumber, (28/05/2021) berikut sejumlah hal yang penting disiapkan bagi anak untuk mulai mengonsumsi makanan padat.

Jangan Khawatir Saat Bayi Menolak Makanan Tertentu

Ketika bayi enggan mengonsumsi makanan tertentu, biasanya orangtua bakal putus asa dan berhenti menawari anak mereka. Walau begitu orangtua tak boleh putus asa karena penelitian menyebut bahwa perlu 6 hingga 15 kali percobaan sebelum bayi mulai menerima makanan baru.

Baca Juga: Coba Bubur Bayi Instan dari SUN, Diklaim Bisa Sehatkan Pencernaan Si Kecil Lho!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas