Memiliki kehidupan seksual yang aman sangat penting bagi semua orang, terutama para wanita. Dengan memiliki kehidupan seksual yang aman, tentu enggak akan ada penyakit seksual yang menular.

Menurut catatan World Health Organization (WHO), ada sekitar satu juta kasus penularan infeksi seksual yang terjadi setiap hari. Wah, bahaya banget kan, Beauty!

Makanya, kamu perlu berhati-hati dengan penyakit seksual yang menular lewat hubungan intim yang enggak aman. Lantas, apa saja sih penyakit seksual yang rentan menyerang wanita?

Melansir dari berbagai sumber (28/5/2021), berikut ini beberapa penyakit seksual menular yang rentan menyerang para wanita. Simak baik-baik, ya, Beauty!

Kutil kelamin

Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit yang ditularkan lewat hubungan intim. Penyakit ini diakibatkan oleh virus human papillomavirus (HPV). Kutil kelamin ini bisa muncul setelah beberapa bulan ketika seseorang telah terinfeki HPV.

Kutil kelamin ini muncul di sekitar alat kelamin atau di dubur. Dalam beberapa kasus, penderita util kelamin ini merasakan gatal, kulit memerah, dan bisa berdarah pada area kelamin. Kutil kelamin pada wanita dapat tumbuh di dinding vagina, vulva, leher rahim, hingga di dalam vagina atau anus.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas