Sampai kapan rasa bahagia pasangan baru menikah akan terasa? Sebuah survei menunjukkan bahwa kebanyakan pernikahan mulai terasa hambar dan biasa setelah 3,5 tahun.

Dikutip dari berbagai sumber, (30/05/2021) survei yang dilakukan pada 2.000 pasangan menikah ini menunjukkan bahwa setelah 3,5 tahun mereka mulai kehilangan semangat untuk berkencan, lebih memilih tidur daripada bercinta, dan berhenti mengatakan cinta.

Penelitian menunjukkan bawa 3,5 tahun merupakan masa-masa bulan madu yang kemudian berakhir. Setelah itu pasangan mulai jarang saling memeluk, tidur bersama, atau bahkan makan bersama. Mereka mulai tidur di waktu yang berbeda, makan di waktu yang berbeda, dan tak saling ngobrol ketika menonton televisi.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa ketika pasangan mulai mengenal satu sama lain dengan lebih dalam, tak ada lagi tantangan dalam pernikahan dan semuanya menjadi terlalu mudah hingga mereka mulai menganggap pernikahan dan pasangan adalah hal biasa," ungkap Kate Jones, peneliti.

Jones menekankan bahwa setelah masa bulan madu, pasangan mulai membiarkan sifat buruk mengambil alih dan lupa bahwa kebahagiaan dalam pernikahan juga harus diusahakan. Kebiasaan buruk, meski hanya hal kecil, jika dibiarkan terus akan merusak pernikahan. Sebaliknya hal-hal baik yang dilakukan untuk menyenangkan pasangan, meski hanya sedikit, tetap bisa menghidupkan rasa kasih sayang dalam pernikahan.

Peneliti memberikan beberapa tanda bahwa pernikahan Anda sudah mulai terasa hambar, berikut ini.

1. Pasangan lebih memilih tidur daripada bercinta.

2. Tak pernah lagi berkencan.

Baca Juga: Waduh, 3 Kebiasaan Saat Bercinta Ini Bikin Hubungan Pernikahan Gak Langgeng! Kok Bisa?

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas