Haruskah memberikan air putih kepada bayi disamping konsumsi ASI atau susu formula agar tetap terhidrasi? Inilah yang perlu moms ketahui apakah bayi boleh atau dilarang untuk minum air putih.

Faktanya, bayi belum membutuhkan air selama beberapa bulan pertama lahir kedunia. Justru bayi disarankan untuk minum air putih setelah di atas usia 6 bulan atau ketika mereka sudah mulai mengonsumsi makanan padat. Sebelum 6 bulan, bayi sudah cukup mendapatkan hidrasi yang dibutuhkan ASI.

Sejak usia 6 bulan, bayi membutuhkan 4 hingga 6 ons air sehari, atau lebih dari setengah cangkir air. Tetapi tanyakan kepada dokter anak mengenai takaran yang pas untuk buah hatimu.

Mengapa bayi di bawah 6 bulan sebaiknya tak mengonsumsi air putih?

Baca Juga: Bentuknya Menyerupai Puting Ibu, Dot Orthodontic Baby Huki Bisa Jadi Botol Susu Andalan Nih!

Ketika berusia di bawah 6 bulan, bayi mendapatkan semua cairan yang dibutuhkan dari ASI. Faktanya, saat lahir, perut bayi hanya menampung sekitar 1 sampai 2 sendok teh, atau 5 sampai 10 mililiter. Untuk itu, bayi enggak membutuhkan begitu banyak makanan dalam waktu 24 jam, tetapi moms sebaiknya mengisi perut kecil itu dengan ASI yang kaya nutrisi

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas