Sembelit pada bayi terjadi ketika si kecil sulit buang air besar (BAB) sehingga intensitas BAB nya lebih sedikit daripada sebelumnya. Sembelit sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja dengan penyebab yang berbeda-beda.

Bayi biasanya BAB tiga sampai empat kali dalam seminggu ketika usianya 0-4 bulan. Hal ini karena ia hanya mengonsumsi makanan cair sehingga lebih mudah untuk dicerna. 

Mengutip dari berbagai sumber, ada juga bayi yang BAB setiap selesai menyusu, sedangkan bayi yang lain bisa butuh beberapa hari untuk BAB. Jadi, waktu BAB pada bayi masih belum terpola sehingga sulit menentukan apakah dia memang sembelit atau enggak.

Salah satu hal yang harus Moms perhatikan untuk mengantisipasi sembelit pada bayi adalah dengan mengontrol makanannya. Moms juga perlu tahu makanan apa saja yang berpotensi menyebabkan sembelit pada bayi. Mengutip dari berbagai sumber, (31/05/2021) yuk simak informasinya.

1. Susu Formula

Makanan penyebab sembelit pada bayi yang pertama adalah susu formula. Bayi sering diberi susu formula di tahun-tahun awal mereka. Tapi tahukah Moms, susu formula terdiri dari bahan-bahan yang sulit dicerna, yang dapat menyebabkan sembelit. Susu formula bahkan mengandung protein kompleks yang dapat mengeraskan kotoran dan menyebabkan sembelit.

Baca Juga: Bayimu Tak Buang Air Besar Selama Beberapa Hari? Kondisi Ini yang Harus Dikhawatirkan Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas