Menyusui merupakan aktivitas biasa bagi Moms yang memiliki bayi. Menyusui secara langsung bisa membuat ikatan antara ibu dan bayi menjadi lebih kuat.

Tak jarang Moms menyusui si kecil sambil tiduran. Eh enggak sadar Moms malah ikut tertidur juga saat menyusui. Pernah mengalaminya, Moms?

Nah, aktivitas seperti ini ternyata mesti dihindari. Jika Moms lengah, bisa saja si kecil malah berada dalam bahaya. Bahkan ketika tak menyusui, menggendong bayi saat duduk di tempat hingga tertidur sebaiknya dihindari.

Dikutip dari berbagai sumber, (31/05/2021) bayi bisa mengalami sesak napas karena tubuh bayi berhadapan dengan tubuh ibu. Kondisi tersebut kemudian membuat henti napas pada bayi dan menyebabkan kematian.

American Academy of Pediatrics (AAP) mengemukakan larangan tertidur saat sedang berdekatan dengan bayi. Karena risiko untuk tak sadar saat menindihi bayi hingga membuatnya sesak napas cukup besar. Apalagi bila bayi termasuk dalam kategori prematur dengan berat lahir rendah, atau di bawah empat bulan.

Meskipun tertidur saat menyusui dapat memicu sesak napas pada bayi, namun sebenarnya ibu masih memungkinkan untuk bisa tidur di dekat bayi. Misalnya dengan menidurkan bayi di boks bayi yang diletakkan di kamar tidur. Atau membuat pembatas pada tempat tidur. Selain ibu, bayi pun sebenarnya tak boleh tidur juga saat sedang disusui dalam posisi berbaring.

Baca Juga: Apakah Besar Kecilnya Ukuran Payudara Mempengaruhi Produksi ASI?

Ketika ia sudah mulai tertidur, pindahkanlah dia segera ke tempat tidurnya. Agar ia enggak kaget, gantikan puting ibu dengan ibu jari selagi melepas isapannya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas