Banyak wanita bertanya-tanya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Pasalnya banyak wanita yang kurang percaya diri dengan berat badannya yang bertambah saat hamil. 

Banyak yang berharap bahwa secara ajaib badan akan susut menjadi berat badan sebelum hamil. Padahal kenyataannya tak ada seorang pun yang berat badannya langsung kembali seperti saat masih gadis dalam waktu yang begitu cepat.

Ternyata total berat badan yang mungkin turun setelah persalinan semuanya tergantung pada ukuran bayimu yang baru lahir. Bayi yang baru lahir biasanya memilimi berat 3 atau 4 kg, selain itu ada juga pengurangan berat dari cairan ketuban dan plasenta. Sebagian besar wanita hamil dapat kehilangan hingga 6 kg setelah melahirkan.

Sulitnya wanita turun berat badan pascamelahirkan dikarenakan jaringan payudara, suplai darah, simpanan lemak dan rahim membesar. Perut wanita juga tak akan bisa mengecil dalam waktu dingkat. Diketahui bahwa setidaknya dibutuhkan waktu enam minggu pertama untuk mengecilkan perut setelah melahirkan sampai rahim menyusut kembali ke ukuran sebelum hamil.

Setelah melahirkan, berat badan akan turun secara perlahan. Banyak faktor yang telah terbukti mempengaruhi perjalanan penurunan berat badan ini.

Baca Juga: Jalani Diet Ketat, Vikcy Shu Turun 10 Kg dalam Enam Minggu!

Menyusui juga digadang-gadang bisa menurunkan berat badan tergantung pada berapa banyak ASI yang dihasilkan. Pasalnya menyusui dapat membakar lebih dari 500 kalori per hari lho. Terlebih lagi, menyusui juga bisa merangsang pelepasan hormon yang membantu mengecilkan rahim dan perut setelah melahirkan.  

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas