Beauty, kamu perlu berhati-hati dan harus terus memperhatikan berat badanmu. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan kamu terserang penyakit kanker ovarium, lho.

Kanker ovarium berawal dari indung telur dan penyakit ini terjadi saat sel-sel di ovarium tumbuh, berkembang biak dengan tak terkendali. Penyakit kanker ovarium ini sering kali enggak menunjukkan gejala dan biasanya baru diketahui saat sudah stadium III atau IV.

Sebagian kecil kanker ovarium terjadi pada wanita dengan mutasi gen bawaan. Sementara itu, sebagian besar mutasi gen yang menyebabkan perkembangan kanker ovarium bukanlah diwariskan, melainkan didapatkan sendiri.

Hal tersebut dapat terjadi akibat radiasi atau bahan kimia penyebab kanker. Meski belum tahu secara pasti apa penyebabnya, tapi ada sejumlah faktor yang berisiko kanker ovarium.

Melansir dari berbagai sumber (2/6/2021), ada beberapa faktor penyebab penyakit kanker ovarium, salah satunya obesitas atau kelebihan berat badan.

Seseorang yang memiliki berat badan lebih, maka akan berisiko lebih tinggi terkena kanker ovarium. Wanita yang memiliki indeks massa tubuh minimal 30, mengalami peningkatan risiko terhadap kanker ovarium. Obesitas juga dapat berpengaruh pada kelangsungan hidup para wanita yang mengidap kanker ovarium.

Baca Juga: Selain Diet, Begini Cara Atasi Obesitas!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas