Banyak orang yang memutuskan untuk menikah agar memiliki teman hidup. Secara awam, mungkin begitu pandangan banyak orang kepada pernikahan.

Tapi, faktanya banyak yang justru merasa kesepian meski sudah menikah lho. Kenapa itu bisa terjadi ya?

Secara umum banyak yang percaya bahwa pernikahan adalah obat untuk kesepian yang berkepanjangan. Selain itu, ada juga yang berpikir bahwa pasangan adalah sahabat dan orang kepercayaan sehingga tak mungkin merasa kesepian di dalam biduk rumah tangga. Namun, pernikahan bisa menjadi awal dari munculnya rasa kesepian karena banyak alasan.

Jika kamu merasa sendirian dan kesepian dalam pernikahan, ketahuilah bahwa ada banyak pasangan yang juga merasakan hal serupa. Sebenarnya merasa kesepian dalam pernikahan adalah hal yang relatif umum. Menurut survei nasional AARP 2018, satu dari tiga orang yang sudah menikah di atas usia 45 tahun dilaporkan merasa kesepian.

Namun, bukan berarti kesepian dalam sebuah pernikahan merupakan hal yang wajar. Jika kamu merasa sendirian dalam pernikahan, itu sering menjadi pertanda bahwa ada masalah mendasar dalam hubungan atau kehidupan pribadi yang harus diatasi.

Pernikahan adalah hubungan yang dijalin dalam waktu jangka panjang. Selain itu, di dalamnya juga masing-masing pasangan harus terus berkomitmen agar pernikahan bisa berjalan dengan lancar. Tetapi itu bukan berarti bahwa orang yang sudah menikah tak pernah bisa merasa kesepian.

"Sendirian berarti secara fisik kamu tak berada di sekitar atau terikat dengan orang lain. Sedangkan kesepian adalah hal yang lebih dalam karena itu merupakan keadaan psikologis di mana orang merasa seperti hubungan mereka, kuantitas hubungan mereka, kualitas hubungan mereka, tak berjalan seperti yang seharusnya," ujar Kiaundra Jackson, LMFT, terapis pernikahan berlisensi dikutip Mindbodygreen (2/6/2021).

"Kamu bisa merasa kesepian meski tak sendiri. Kesepian bisa saja dirasakan meski kamu dikelilingi oleh banyak orang," sambung Jackson.

Baca Juga: Dear Working Moms, Enggak Punya ART Enggak Masalah! Ini 5 Tips Urus Keperluan Rumah Tangga

Dalam konteks pernikahan, penyebab kesepian mungkin adalah ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap pernikahan atau pasangannya. Ekspektasi yang begitu tinggi akan membuat rasa ambisi dan jika tak tercapai maka menyebabkan kesepian. Maka kelola ekspektasimu terhadap pasangan agar hubungan pernikahan bisa terus berjalan lancar.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas