Pandemi memang membuat segala kegiatan di luar rumah menjadi terbatas. Untuk itu, Moms perlu mencari kegiatan alternatif yang menyenangkan agar anak tidak mudah bosan saat di rumah. Selain membuat anak tidak cepat bosan, bermain origami juga memiliki manfaat yang baik bagi perkembangan anak.

Seni melipat kertas origami ini dapat memanfaatkan kertas polos atau berwarna untuk membentuk berbagai macam bentuk, seperti jenis-jenis hewan, pesawat, mobil, dan lain-lain. Kegiatan ini juga mengharuskan anak untuk fokus dalam mengikuti langkah-langkah untuk menciptakan bentuk origami yang diinginkan.

Berikut rangkuman manfaat-manfaat yang akan didapatkan oleh anak ketika bermain origami, dikutip dari berbagai sumber (02/06/2021):

1. Melatih kemampuan mengikuti instruksi dan urutan

Anak perlu mengikuti petunjuk yang tersedia agar origami dapat terbentuk dengan benar sesuai keinginan. Hal ini akan melatih kedisiplinan anak untuk mengikuti petunjuk. Selain itu, anak juga akan belajar bahwa mengikuti petunjuk akan membantunya mencapai hal yang baik.

2. Menumbuhkan kemampuan menyelesaikan masalah

Melalui kegiatan ini, anak akan berpikir bagaimana caranya melipat kertas origami sesuai petunjuk hingga mirip dengan contohnya. Hal ini dapat membuat anak menyelesaikan masalah tersebut.

3. Melatih imajinasi anak

Baca Juga: Jangan Ajarkan Anak Jadi Pengemis di Hari Lebaran! Hindari Mengucapkan Kata-kata Ini Ya Moms

Anak dapat melatih imajinasinya dengan membuat bentuk-bentuk baru ketika melipat kertas. Namun, terkadang bentuk yang dihasilkan bisa sedikit abstrak sehingga memerlukan imajinasi untuk memahaminya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas