Mengunjungi dokter gigi merupakan salah satu rutinitas yang wajib dijalani setiap 6 bulan sekali. Hal ini guna untuk mecegah penyakit gigi serta menjaga kebersihan gigi. Gigi yang putih, bersih, dan sehat memang menjadi idaman bagi semua orang. Namun, di tengah pandemi ini banyak orang yang merasa takut untuk mengunjungi dokter gigi. 

Tidak menutup kemungkinan bahwa memutihkan gigi dapat dilakukan di rumah secara mandiri menggunakan bahan-bahan rumahan. Berikut bahan-bahan rumahan yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi, dikutip dari berbagai sumber:

1. Baking Soda

Bahan rumahan ini memiliki khasiat pemutih alami yang sering dijadikan sebagai produk alami pasta gigi karena kandungannya yang dapat mengurangi noda di gigi. Menurut The Journal of Clinical Dentistry, baking soda dapat secara efektif menghilangkan noda kuning pada gigi.

Untuk mencoba dirumah, campurkan 1 sendok teh baking soda ddengan 2 sendok teh air pada sikat gigi. Kemudian, sikatkan campuran tersebut pada gigi. Ulangi kegiatan ini beberapa kali dalam seminggu.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata bisa memutihkan gigi, lho. Ini dikarenakan minyal kelapa disinyalir dapat membuat gigi lebih sehat. Caranya, cukup oleskan minyak kelapa secara merata pada gigi setelah menyikat gigi. Biarkan hingga 20 menit lamanya, kemudian bersihkan mulut dengan berkumur.

3. Bubuk Kunyit

Baca Juga: Sering Sakit Gigi, Mungkinkah Kamu Mengidap Diabetes? Waduh...

Bahan alami seperti bubuk kunyit mampu menghilangkan noda pada gigi serta mencerahkan gigi. Caranya, basahi sikat gigi dan balurkan bubuk kunyit pada sikat gigi, lalu sikatkan pada gigi. Diamkan hingga lima menit, kemudian bersihkan mulut dengan kumur air bersih.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas