Memiliki rambut yang tebal dan sehat memang impian semua orang. Namun, dilansir dari Merdeka.com, manusia dapat mengalami kerontokan pada rambut sebanyak 50 hingga 100 helai rambut per hari. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, yuk, simak apa saja yang menjadi penyebab rambut rontok dan harus segera diwaspadai.

1. Stress

Stress yang dialami seseorang secara fisika atau emosional dapat menyebabkan rambut rontok. Namun, dengan mengelola tingkat stress dalam diri, kerontokan rambut dapat berlangsung sementara dan bisa membuat rambut kuat kembali.

2. Kekurangan Nutrisi

Kulit kepala dan rambut yang kurang akan nutrisi dapat menyebabkan rambut rontok. Rambut tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Nutrisi yang berperan penting bagi rambut, yaitu biotin, zat besi, protein, dan zinc.

3. Hormon Tidak Seimbang

Adanya ketidakseimbangan hormon seperti polycystic ovary syndrome (PCOS) ternyata dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Kondisi ini biasanya yang memicu pembentukan kista pada ovarium wanita, tetapi biasanya juga disertai dengan gejala lain pada tubuh, termasuk rambut rontok.

4. Infeksi Kulit Kepala

Infeksi kulit kepala ini dapat secara mudah untuk dikenali karena adanya rambut menipis di salah satu area tertentu. Selain itu, terlihat juga adanya kulit kepala yang bertekstur dan tidak sehat. Infeksi ini umumnya dapat disebabkan karena bakteri atau jamur.

5. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Rambut yang diikat terlalu kencang juga akan membuat rambut rontok karena tertarik. Jika hal ini tersu terjadi secara terus menerus, kerontokan pada rambut akan terus terjadi. Untuk itu, usahakan jangan terlalu kencang ketika mengikat rambut dan gunakanlah ikat rambut berbahan sutra untuk mengurangi tekanan.

Baca Juga: Rambutmu Rontok Parah? Coba Perbanyak Konsumsi 8 Makanan Ini!

Itu dia beberapa penyebab yang membuat rambut rontok. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan rambut, ya!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas