Melahirkan jadi salah satu hal yang paling membahagiakan bagi perempuan. Baik melahirkan secara pervaginam atau operasi caesar, memiliki plus minusnya. 

Mungkin banyak wanita yang enggan melahirkan secara caesar karena pemulihannya membutuhkan waktu yang lama. Salah satunya adalah pemulihan untuk kembali berhubungan intim dengan suami. Kapan bisa kembali berhubungan seks lagi setelah operasi caesar?

Banyak wanita terkejut bahwa seks bisa sangat menyakitkan setelah operasi caesar. Jika menjalani operasi caesar, aturannya umumnya sama jika melahirkan normal, yakni menunggu antara empat hingga enam minggu untuk hubungan seks dengan suami.

Jika ingin lebih cepat, mungkin itu bisa dilakukan selama kamu tak merasa kesakitan atau terjadi pendarahan. Pasalnya ada kemungkinan kecil untuk alami pendarahan atau infeksi setelah sekitar dua minggu pascapersalinan.

Jika kamj mengalami komplikasi setelah operasi caesar, seperti infeksi atau pendarahan, kamu mungkin harus menunggu lebih lama untuk berhubungan seks. Perubahan fisik, seperti penambahan berat dan ASI dapat memengaruhi tingkat libidomu. Jadi, santai saja dan berbaik hatilah pada diri sendiri.

Ingat, setiap wanita berbeda. Cobalah untuk tak terlalu khawatir. Seiring berjalannya waktu gairah seksmu akan kembali dan kamu bisa bercinta dengan nikmat. 

Tingkat estrogen yang rendah mengakibatkan aliran darah yang lebih sedikit ke seluruh tubuh, membuat jaringan vagina lebih tipis dan lebih halus. Perubahan hormon juga menekan pelumas alami, sehingga vagina mungkin terasa kering dan tak nyaman. 

Baca Juga: Pendarahan saat Hamil, Apakah Pertanda Bahaya?

Melanjutkan hubungan seks sebelum sembuh dari operasi caesar dapat menyebabkan infeksi dan pendarahan, jadi pastikan untuk mendapatkan persetujuan dokter sebelum melakukan tindakan tersebut. Setelah sayatanmu sembuh, seks benar-benar aman untuk dilakukan. Sayatan itu mungkin terasa sangat sensitif untuk beberapa saat, dan itu hal yang normal.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas