Memilih tempat tidur bayi bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Ternyata, Moms, ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi dan penting untuk diperhatikan, nih. 

Pemilihan tempat tidur bayi sangat penting untuk diperhatikan karena selain untuk meciptakan rasa nyaman pada bayi, tapi juga bayi akan terhindar dari bahaya.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih tempat tidur yang ideal bagi bayi:

1. Berdesain Kokoh

Moms, pilihlah tempat tidur bayi yang memiliki desain kokoh dan juga memiliki sisi-sisi penghalang sehingga tidak mudah dinaikkan atau diturunkan. Hal ini diperlukan untuk mencegah bahaya jika bayi terjatuh dari sisi tempat tidur.

Selain itu, pastikan jarang antara sisi penghalang tidak terlalu jauh. Hal ini juga penting untuk diperhatikan untuk mecegah kepala bayi terselip dan terperangkap di antara sisi-sisi penghalang.

2. Terbuat dari Material yang Berkualitas dan Terpasang dengan Benar

Ketika membeli tempat tidur bayi, pastikan seluruh material yang digunakan berkualitas, ya, Moms. Hal ini guna menjamin keselamatan bayi ketika tidur. Jika ingin menggunakan tempat tidur lama atau bekas, pastikan bahwa tempat tidur tersebut usianya tidak lebih dari 10 tahun.

3. Kasur yang Didesain Khusus untuk Bayi

Pastikan kasur yang akan digunakan telah didesain khusus untuk bayi. Hal ini dikarenakan kasur bayi memiliki bantalan yang sedikit keras sehingga pegasnya akan kembali ke tempatnya dengan segera ketika bayi diletakkan di kasur dan hindari kasur yang terlalu empuk

Selain itu, pilihlah kasur yang sesuai dengan ukuran boks bayi dan pastikan bahwa tidak adanya celah sedikit pun antara kasur dan bilah.

Baca Juga: Bayi Sering Kentut, Wajar atau Gak Sih?

Memilih tempat tidur bayi yang ideal bukanlah hal yang mudah. Namun, ini semua dilakukan agar bayi mendapatkan kenyamanan dan keamanan saat tidur. Jadi, perhatikan kembali kriteria di atas sebelum memilih tempat tidur bayi, ya, Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas