Di saat pandemi ini, penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh untuk tetap fit. Hal ini penting untuk menghindari penyakit seperti alergi, flu, autoimun hingga depresi yang diakibatkan oleh lemahnya daya tahan tubuh.

Namun, tidak perlu khawatir jika ingin mencari bahan yang mudah untuk didapatkan. Ternyata, bumbu rempah-rempahan dapat dimanfaatkan untuk membuat tubuh kembali fit. Simak, yuk!

1. Serai

Serai dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan flavonoid dan antioksidan yang dapat menjaga tubuh tetap fit dan bernergi. 

Serai juga dapat membuat racun berbahaya akibat virus dan bakteri. Selain itu, jika rajn mengonsumsi serai, organ vital seperti hati dan ginjal juga akan menjadi lebih sehat.

2.  Cengkih

Cengkih dapat digunakan untuk meningkatkan daya tubuh karena cengkih memiliki kuncup bunga kering. Hal ini dikarenakan cengkih memiliki kandungan senyawa yang ampuh untuk menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit, seperti kandungan eugenol yang dapat mengurangi peradangan pada tubuh.

3. Kayu Manis

Kayu manis memiliki kandungan antijamur dan antibakteri yang dapat membuat tubuh kebal dari serangan penyakit. Hal ini tentunya dapat membuat tubuh akan tetap sehat dan bugar.

4. Lada

Lada merupakan rempah yang paling sering digunakan sebagai bumbu masak. Kaya akan anti-inflamasi dan antioksidan pada lada akan mampu memperbaiki gangguan kesehatan pada tubuh. Selain itu, kandungan antioksidannya juga dapat membuat tubuh kebal dari radikal bebas.

5. Jahe

Jahe juga merupakan bumbu rempah yang kaya akan anti-inflamasi dan antioksida. Adanya senyawa gingerol dapat membuat tubuh terhindar dari gejala batuk dan flu.

Itulah beberapa bumbu rempah yang dapat membuat tubuh kembali fit. Jangan lupa untuk dicoba, ya!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas