Moms, apa vaginamu pernah terasa gatal setelah berhubungan intim? Vagina yang gatal setelah berhubungan intim tentu akan menyebabkan rasa enggak nyaman. Namun sebenarnya, vagina yang gatal setelah berhubungan intim bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, lho

Ada beberapa penyebab mengapa vaginamu terasa gatal setelah berhubungan intim. Beberapa di antaranya bersifat sementara dan akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu, tapi ada juga yang perlu perawatan khusus.

Melansir dari berbagai sumber (3/6/2021), berikut ini beberapa penyebab vagina gatal setelah bercinta yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Alergi

Alergi bisa menjadi salah satu penyebab mengapa vaginamu terasa gatal setelah berhubungan intim. Beberapa hal yang dapat membuat vagina gatal adalah cairan lubrikan dan penggunaan kondom berbahan lateks.

Selain itu, vagina yang terasa gatal setelah berhubungan intim juga bisa disebabkan oleh cairan sperma pasanganmu. Cobalah konsultasikan kepada dokter jika gatal tak kunjung menghilang.

Kurang pelumas saat penetrasi

Kalau vagina enggak basah sebelum melakukan penetrasi, maka gesekan yang timbul dapat membuat vagina terasa gatal, iritasi, dan lecet.

Kondisi ini bukan merupakan masalah yang serius, tapi akan membuatmu enggak nyaman. Untuk mengatasinya, kamu harus menggunakan cairan lubrikasi sebelum melakukan hubungan intim, ya.  

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas