Hati merupakan organ yang terletak tepat di bawah tulang rusuk di sisi kanan bagian atas perut. Hati dapat secara mudah mengganti sel yang telah rusak. Namun, terdapat kebiasaan buruk yang dapat membuat hati rusak, contohnya penyakit liver.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu penyakit liver, dikutip dari berbagai sumber:

1. Konsumsi Vitamin atau Suplemen Herbal

Meskipun dianggap alami, terlalu sering Mengonsumsi vitamin atau suplemen herbal berlebih ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit liver. Suplemen atau vitamin yang berlebihan masuk ke dalam tubuh akan memicu kerusakan hati.

2. Merokok

Rokok mengandung bahan kimia yang dapat mengancam fungsi tubuh. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan oksidatif dalam sistem tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sel hati dan juga kerusakan sistem seluler.

3. Konsumsi Gula Terlalu Banyak

Mengonsumsi terlalu banyak fruktosa dapat membuat hati kewalahan sehingga dapat menimbulkan penyakit hati. Meskipun hampir setiap sel dalam tubuh mampu memetabolisme glukosa, tetapi hanya sel-sel hati yang dapat menangani fruktosa.

4. Minum Terlalu Banyak Alkohol

Terlalu sering meminum alkohol dapat mengakibatkan peradangan dan kerja yang berlebihan pada hati. Kondisi ini nantinya akan mengarah pada pengembangan jaringan perut atau sirosis.

5. Jarang Minum Air Putih

Setidaknya butuh delapan gelas air sehari untuk menjaga kondisi hati tetap sehat. Kurang minum dapat memicu dehidrasi yang memberikan efek langsung pada kemampuan hati untuk mendetoksifikasi tubuh dengan baik.

Itulah sejumlah kebiasaan yang dapat menjadi penyebab kerusakan hati. Hindari kebiasaan di atas dan jangan lupa untuk terus terapkan pola hidup sehat, ya!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas