Menu

Perlu Waspada! Ternyata Ini Tanda Pola Asuh yang Salah Pada Anak

16 Januari 2020 11:00 WIB
Perlu Waspada! Ternyata Ini Tanda Pola Asuh yang Salah Pada Anak

Seorang anak yang terlihat murung (Unsplash/Chinh Le Duc)

HerStory, Jakarta —

Boleh dibilang, mengurus anak bukanlah perkara yang mudah. Butuh kesabaran dan kasih sayang yang penuh dalam mengurus buah hati. Sabar memang perlu, tapi disiplin juga enggak kalah penting dalam mengurus anak.

Pernah enggak sih, Beauty yang sudah menjadi Ibu mengalami, di mana anak sulit dinasehati, sering marah, berbohong atau kerap kali mengeluarkan kata-kata buruk dari mulutnya? Bisa dibilang ada yang enggak beres pada si anak di masa pertumbuhannya. Kemungkinan besar selama ini mereka mendapatkan pola asuh yang salah.

Nah, kalau sudah ada tanda-tanda yang enggak baik pada diri anak, kamu perlu mawas diri dengan pola asuh yang salah. Kira-kira apa lagi ya tanda lainnya kalau anak mendapatkan pola asuh yang salah? Melansir dari MomJunction, berikut HerStory rangkum beberapa di antaranya:

Menangis terus-menerus

Kalau anak sedang menangis terus-menerut dan seperti meminta perhatianmu tapi kamu malah mengabaikannya, mereka akan merasa enggak lagi di sayang oleh Ibunya sendiri. Voila, ini kesempatanmu! Peluklah dia seerat mungkin dan tanyakan padanya apa yang salah.

Terlalu sering berbohong

Anak itu peniru yang ulung, ada masa di mana mereka akan meniru orang di sekelilingnya. Bisa saja kamu berbohong akan sesuatu dihadapannya dan mereka menirumu. Atau saat kamu menemui si Kecil berbohong dengan hal kecil sekalipun, bisa jadi sebelumnya kamu telah melakukan kesalahan. Dan berbohong adalah caranya untuk menghindari amarahmu.

Harga diri rendah

Kalau kamu merasa anakmu kurang percaya diri atau memiliki harga diri yang rendah, mungkin saja kamu telah memberikan saran tapi berlebihan. Di masa pertumbuhannya, anak-anak sering mencari motivasi dari orang tuanya dan sering berkecil hati kalau apa yang diharapkan tidak sesuai.

Tidak bisa berdiri untuk dirinya sendiri

Kalau kamu melihat anakmu enggak bisa berdiri untuk dirinya sendiri atau terlalu bergantung dengan orang lain, kemungkinan besar kamu kurang mendidiknya secara disiplin. Mulailah mendisiplinkan anak dan buat mereka bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan.

Mengambil barang yang bukan miliknya

Singkatnya mencuri. Kamu pernah melihat anakmu mengambil barang yang bukan haknya? Disamping itu, sudahkah kamu membeli mainan atau barang kebutuhannya? Bisa jadi, anak melakulan hal ini karena mereka enggak mampu membelinya. Sesekali kamu juga perlu memperhatikan apa yang sebenarnya mereka inginkan saat ini. Jangan sampai kebiasaan mencuri itu terbawa hingga ia dewasa.

Nah, Beauty itu tadi lima tanda yang diberikan anak kalau mereka mendapatkan pola asuh yang salah. Mulai sekarang, perlu waspada ya!

Baca Juga: Gawat! Bayi Sering Dicium Rentan Terkena Infeksi, Bunda Harus Waspada!

Baca Juga: Salut! 6 Selebritis Hollywood Ini Membagikan Momen Menyusui Anaknya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha