Moms, anak-anak gemar belajar, terutama belajar membaca dengan cara yang menyenangkan agar efektif. Meski di sekolah anak sudah diajari, tapi ia juga membutuhkan ajaran di rumah untuk mengingat kembali.

Namun, butuh konsistensi dan kesabaran ketika mengajarkan anak membaca. Moms, bisa gunakan langkah-langkah berikut untuk menarik perhatian anak agar mau belajar membaca.

1. Ajak Anak Membuka dan Melihat Isi Buku

Ajak anak berinteraksi dengan buku untuk mengenal buku terlebih dahulu. Dengan membahas desain buku atau gambar serta warna pada buku, anak akan mulai tertarik untuk melihat isi buku.

2. Memperkenalkan Huruf Berdasarkan Jenis

Perkenalkan anak pada huruf kecil dan huruf besar. Hal ini dikarenakan anak belum memiliki kemampuan untuk bisa menangkap hal yang berbentuk abstrak.

Awali dengan memperkenalkan rangkaian kata dimulai dari huruf yang lebih kecil. Ini dikarenakan huruf kecil lebih mendominasi daripada huruf kapital.

3. Kenalkan Anak pada Suku Kata yang Meliputi Huruf Besar dan Huruf Kecil

Pilih benda yang paling sering digunakan anak agar memudahkan anak membaca. Mulai ajari anak dengan menggunakan suku kata A,I,U,E, dan O.

4. Kenalkan Huruf Mati

Huruf mati seperti B,C,D,F,G,H,J,W,Y,Z dapat dikenalkan pada anak ketika anak telah terbiasa melihat huruf hidup. Awalnya anak akan sedikit bingung, namun dengan langkah perlahan, anak akan terbiasa.

5. Latih Anak untuk Merangkai dan Membaca Huruf yang Sudah Dipelajari

Pada proses ini, anak akan menghabiskan banyak waktu untuk mengeja kemudian membaca perlahan. Tetap sabar, ya, Moms, jangan sampai ada unsur pemaksaan. Hal ini akan membuat anak akan lebih mudah membaca dan memahami isi bacaan.

Baca Juga: Lebih Seru, Ini Cara Jitu Mengajar Anak Membaca! Yuk, Dicoba, Moms!

Itulah 5 cara untuk mengajarkan anak membaca dengan menyenangkan dan efektif. Jangan lupa untuk diterapkan, ya, Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas