Beauty, tentu kamu akan merasa panik bila menemukan benjolan di sekitar area payudara, bukan? Tak sedikit di antara kamu yang mengira kalau benjolan tersebut pertanda kanker payudara.

Memang, benjolan di payudara bisa menjadi gejala kanker yang mengancam jiwa. Tapi, tahu enggak sih Beauty, penyebab benjolan di payudara itu tak selalu karena penyakit kanker payudara lho!

Benjolan di payudara bisa juga berupa tumor jinak yang umumnya enggak berbahaya. Benjolan pada payudara dapat juga berupa pembengkakan lokal atau area jaringan yang lebih tebal di payudara.

Berikut ini HerStory rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/6/2021), jenis benjolan pada payudara yang perlu kamu tahu.

Fibroadenoma

Fibroaderma merupakan salah satu jenis tumor jinak yang paling sering dialami perempuan. Seperti yang disebut dalam laman bupa.co.uk, jenis benjolan ini paling umum dan kemungkinan besar ddialami oleh perempuan antara usia 16 dan 24 tahun.

Ciri-ciri dari benjolan ini dapat bergerak atau berpindah-pindah tempat. Bila ditekan, benjolan ini akan terasa padat, berbentuk bulat atau oval dan terasa kenyal. Kamu tak akan merasakan sakit, bila benjolan ini disentuh atau ditekan.

Baca Juga: Duh Ngeri! Makan Semangka Terlalu Banyak Bisa Datangkan Dampak Buruk Bagi Tubuh, Begini Penjelasannya!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas