Selain melahirkan si kecil, ada banyak hal yang disukai tentang kehamilan. Salah satunya adalah dengan tak merasakan nyeri haid selama 9 bulan lamanya.

Namun, setelah melahirkan tentu jadi banyak yang bertanya-tanya kapan haid pertama akan kembali muncul? Dan apakah haid akan mempengaruhi proses menyusui si kecil? Ini dia jawabannya.

Menstruasi setelah kehamilan akan terasa sedikit berbeda. Jika enggak menyusui, menstruasi biasanya akan kembali dialami sekitar enam hingga delapan minggu setelah melahirkan. Sedangkan jika menyusui, waktu kembalinya haid bisa berbeda-beda di setiap wanita.

Wanita yang menerapkan ASI eksklusif mungkin tak mengalami menstruasi hingga selesai masa menyusui. Biasanya wanita yang sedang menyusui tak langsung menstruasi karena pengaruh hormon tubuh.

Prolaktin, hormon yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI, dapat menekan hormon reproduksi wanita. Akibatnya, wanita tak akan berovulasi atau melepaskan sel telur untuk pembuahan. Tanpa proses ini, kemungkinan besar wanita tak akan mengalami menstruasi.

Baca Juga: Lagi Hamil Muda? Hindari Makanan Ini Ya, Bisa Kurangi Risiko Keguguran

Ketika wanita sudah mulai menstruasi setelah melahirkan, itu mungkin akan mempengaruhi suplai ASI atau bahkan reaksi bayi terhadap ASI. Hal itu disebabkan dengan perubahan hormon yang menyebabkan tubuh hingga memengaruhi komposisi ASI dan juga bisa mengubah rasa ASI bagi bayimu. Namun, hal ini tak dialami oleh semua wanita. Jadi sebaiknya konsultasikan masalahmu dengan dokter.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas