Diabetes gestasional merupakan penyakit diabetes yang muncul pada masa kehamilan. Penyebabnya bisa karena faktor genetik atau faktor lingkungan.

Penyakit diabetes pada ibu hamil dapat terjadi pada usia kehamilan berapa pun, tapi biasanya muncul pada minggu ke-24 sampai ke-28 kehamilan. 

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Jeffri Aloys Gunawan, diabetes gestasional juga bisa menjadi penyakit yang kronis apabila enggak ditangani dengan benar. Jadi, sebaiknya langsung konsultasikan pada ahlinya ya, Moms.

"Diabetes gestasional bisa menjadi diabetes yang sifatnya kronis. Jadi, harus konsul segera ke spesialis penyakit dalam dan dokter kandungannya untuk dipastikan agar enggak menjadi kronis," kata dr. Jeffri Aloys Gunawan saat diwawancarai HerStory pada Minggu (6/6/2021).

Selain berbahaya untuk ibu hamil, penyakit diabetes gestasional ini juga berbahaya untuk si janin. Proses persalinan pun akan sulit dilakukan karena ukuran kepala yang besar dan enggak sebanding dengan panggul ibu si ibu.

Ada beberapa gejala yang muncul kalau kamu menderita penyakit diabetes gestasional, yaitu saat kadar gula darah melonjak tinggi. Apa saja gejalanya?

  1. Sering merasa haus
  2. Frekuensi buang air kecil meningkat
  3. Mulut kering
  4. Tubuh mudah lelah
  5. Penglihatan buram

Baca Juga: Bahaya Diet Keto Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Lho, Jangan Sembarangan Ya Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas