Hypnoparenting, terdiri dari dua kata, yakni hypnosis dan parenting. Metode ini memiliki arti di mana adanya sugesti positif (hypnosis) yang dilakukan oleh orangtua kepada anaknya.

Hal ini berkaitan dengan perkembangan dan pendidikan anak. Namun, metode ini biasanya diterapkan oleh orangtua kepada anak-anak yang memiliki masalah. Masalah ini dapat berbagai macam bentuknya seperti susah makan, malas belajar, tidak percaya diri, dan lainnya.

Bagaimana Menerapkan Metode Hipnosis pada Anak?

Metode ini biasanya dilakukan oleh terapis profesional. Tetapi, orangtua juga dapat melakukannya sendiri di rumah. 

Hipnosis dapat dilakukan oleh orang tua ketika anak berada di gelombang pikiran alpha dan theta, yakni kondisi di mana anak dalam keadaan rileks dan fokus atau asyik pada sesuatu gambaran. Orang tua dapat menjalin komunikasi dengan anak tentang masalah yang dihadapi. Tunjukkan kasih sayang dan perhatian pada anak sebagai orang tua, ya, Moms.

Contoh Hypnoparenting Melalui Perkataan dan Perbuatan

1. Memakai Kata-kata Positif

Sebisa mungkin hindarilah penggunaan kata-kata negatif, seperti kata "tidak", "tanpa", dan "jangan". 

2. Puji Anak Ketika Ia Bisa Melakukan Sesuatu yang Baik

Katakan selalu bahwa ia adalah anak yang hebat serta puji dan hargai setiap usahanya. 

3. Berikan Cerita Positif Menjelang Tidur

Ucapkan kalimat positif atu kisah yang positif menjelang anak tidur. Kalimat positif ini akan diterima oleh alam bawah sadar anak sehingga lebih mudah bagi anak untuk mengikuti apa yang orang tua mau.

Teknik Hypnoparenting ini memang membutuhkan konsistensi dan kesabaran bagi orang tua yang ingin menerapkannya. Jadi, terus mencoba, ya, Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas