Ketika hamil, asupan makanan harus dijaga. Pasalnya makanan yang dikonsumsi bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga akan memberikan efek kepada pertumbuhan si jabang bayi.

Nah, salah satu makanan yang kaya akan nutrisi dan juga vitamin ialah ikan. Makanan laut, yang meliputi ikan dan kerang, dapat menjadi sumber protein, zat besi, dan seng yang baik, selain itu di dalamnya juga mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Asam lemak omega-3 dalam banyak ikan, termasuk asam docosahexaenoic (DHA), juga dapat meningkatkan perkembangan otak bayi.

Sudah jadi rahasia umum bahwa ikan adalah satu makanan terbaik untuk dimakan saat hamil, tetapi enggak semua jenis ikan aman dikonsumsi oleh ibu hamil alias bumil, terutama ikan predator besar seperti hiu, ikan todak, king mackerel, dan tilefish. Hal ini disebabkan karena di dalamnya mengandung kadar merkuri yang tinggi.

Kandungan merkuri dalam makanan ini perlu diperhatikan, terlebih jika kamu sedang berencana untuk hamil atau bahkan sedang menjalani program hamil. Jika Anda secara teratur mengonsumsi ikan yang tinggi merkuri, zat tersebut dapat menumpuk di aliran darah. Seiring berjalannya waktu, kandungan merkuri yang menumpuk di dalam aliran darah dapat merusak perkembangan otak dan sistem saraf bayi yang dikandung.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA), ibu hamil dan menyusui wajib makan 8 hingga 12 ons (dua hingga tiga porsi) ikan rendah merkuri setiap minggu. Namun, sebaiknya ibu hamil menghindari beberapa jenis ikan berikut ini:

  • Ikan Tilefish dari Teluk Meksiko
  • Ikan Hiu
  • Ikan todak
  • Ikan Oranye kasar
  • Ikan Tuna mata besar
  • Ikan Marlin
  • Ikan Makarel raja

Baca Juga: Pendarahan saat Hamil, Apakah Pertanda Bahaya?

Nah, itu dia beberapa jenis ikan yang sebaiknya tak dikonsumsi ketika hamil. Catat ya moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas