Ketika seseorang menderita diabetes, itu berarti tubuhnya tak bisa menghasilkan cukup insulin atau tak dapat menggunakan insulin dengan benar. Dengan begitu, kadar glukosa pun menumpuk di dalam darah. Sedangkan kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Kadar gula darah yang tinggi secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan sel saraf. Ini dapat mempengaruhi semua organ tubuh dan menyebabkan kehilangan penglihatan, kerusakan ginjal, dan risiko penyakit stroke yang lebih tinggi.

Nah, salah satu cara untuk mengelola gula darah tinggi adalah melalui diet. Memilih makanan yang tepat dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Tak hanya itu, konsumsi makanan sehat juga dapat menghentikan gejala dan komplikasi diabetes agar kondisinya tak semakin parah.

Sebaiknya asupan yang dikonsumsi berasal dari jenis makanan dan minuman yang secara perlahan diserap tubuh. Hal ini penting diperhatikan agar tak menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah.

Salah satu makanan super yang digadang-gadang bisa cegah diabetes adalah sayur bayam. Ahli Gizi Jordana Turkel, RD, CDCES, dari Park Avenue Endocrinology and Nutrition di New York City menjelaskan bahwa mengonsumsi sayuran bisa membuat tubuh mendapatkan banyak vitamin dan mineral.

Sayur bayam mengandung serat, lutein, folat, zat besi dan kalsiumnya yang tinggi. Belum banyak yang mengetahui bahwa faktanya bayam sangat baik untuk penderita diabetes lho.

Sayuran yang larut dalam air ini memiliki efek yang dapat diabaikan pada gula darah. Untuk itu, bayam menjadi makanan yang direkomendasikan bagi para penderita diabetes karena kaya serat dan protein. American Diabetes Association juga telah menyatakan bayam sebagai makanan super untuk diabetes tipe-1 dan tipe-2.

Kandungan serat yang terkandung di dalam bayam membuatnya bisa mengurangi kadar glukosa darah dan mengendalikan diabetes. Bayam dianggap sebagai makanan indeks glikemik rendah, dan makanan yang memiliki GI rendah dikatakan tak berpengaruh pada kadar gula darah.

Baca Juga: Bahaya Diet Keto Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Lho, Jangan Sembarangan Ya Moms!

Penderita diabetes umumnya dianjurkan untuk membatasi konsumsi karbohidrat, sedangkan bayam adalah sayuran yang rendah karbohidrat sehingga bisa menjaga kadar gula darah. Bayam juga sangat rendah kalori dan makanan yang memiliki sedikit kalori umumnya bertanggung jawab untuk menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, makanan rendah kalori juga membantu menjaga berat badan sehingga sangat penting bagi penderita diabetes.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas