Kaki O atau genu varum merupakan kelainan pada kaki yang berbentuk seperti O. Umumnya penyakit ini terjadi pada anak-anak usia 2-6 tahun juga orang dewasa. 

Pada penyakit ini, lutut dan tulang pada kaki memiliki bentuk keluar sehingga menyerupai bentuk O dan berdampak pada seseorang ketika berjalan yang menyebabkan ketidakseimbangan.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi kaki O yang bisa Anda terapkan!

1. Osteotomi

Prosedur pembedahan ini biasanya direkomendasikan tak hanya untuk penderita arthritis, tetapi juga untuk mengatasi tulang kaki berbentuk O.

Pada prosedur ini , akan ada anestesi umum atau anestesi spinal. Kemudian, dokter bedah akan membuat sayatan pada area tulang untuk renovasi.

2. Terapi Fisik

Untuk menyembuhkan kaki O, dapat dilakukan latihan meregangkan otot pinggul dan paha untuk memperkuat oto pinggul yang dapat memperbaiki deformitas kaki bengkok. Contohnya, melakukan hamstring strestches.

3. Yoga

Yoga bertujuan untuk membuat tubuh lebih fleksibel serta dapat mengatasi bentuk kaki O. Gerakan yoga dapat menggabungkan kelenturan anggota tubuh serta memperbaiki tulang atau postur tubuh yang bermasalah.

4. Pilates

Gerakan pilates yang mirip dengan yoga juga bertujuan untuk memperbaiki postur tubuh dan keselarasan tubuh. Latihan seprti balerina dan melakukan roll-up dapat membantu untuk memperkuat otot kaki.

Baca Juga: Seberapa Cepat Pertumbuhan Kaki Anak?

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kaki O. Jangan lupa dicoba, ya!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas