Dana pendidikan anak di era ini memang tidak murah. Butuh persiapan yang banyak untuk menyiapkan dana untuk sekolah bagi anak agar nantinya tidak kerepotan.

Hal ini tentunya dilakukan agar anak dapat mendapatkan pendidikan yang layak meskipun pendidikan semakin mahal dari tahun ke tahunnya.

Untuk itu, hindari kesalahan ini ketika Anda menyiapkan dana pendidikan bagi anak, ya, Moms!

1. Terlambat

Kesalahan pertama yang banyak dilakukan orang tua, yakni terlambat dalam menyiapkan dana anak. Semakin besar usia anak maka waktu yang digunakan untuk menyiapkan dana pendidikan anak juga semakin berkurang. Oleh karena itu, sebagai orang tua, siapkan dana pendidikan anak sedini mungkin agar anak mendapat pendidikan yang layak.

2. Menggunakan Referensi Jadul

Dengan menggunakan referensi jadul yang berkaitan dengan masalah finansial, bisa jadi tidak sesuai dengan realitas yang ada saat ini. Setiap tahunnya, kebutuhan pokok selalu mengalami kenaikan. Hal ini tentnua akan berpengaruh pada dana yang sudah disiapkan nantinya.

3. Salah Membeli Produk

Kesalahan berikutnya, yakni salah membeli produk seperti menggunakan produk asurasi dan tabungan pendidikan. Pastikan manfaatnya sesuai dengan kebutuhan dana anak. Pahami kebutuhan dan kemampuan finansial, setelah itu baru mencari dan membeli produk dana pendidikan yang sesuai.

4. Berutang

Berutang memang menjadi solusi yang banyak dipakai oleh banyak orang ketika membutuhkan dana cepat. Beberapa produk keuangan mampu memberi kemudahan dalam berutang. Namun, jika Moms memutuskan untuk berutang, bijaklah dalam membayar cicilan serta dalam memutuskan mana yang harus berutang atau tidak.

5. Tidak Berdiskusi dengan Anak

Ketika anak beranjak dewasa, anak akan mulai menentukan pilihannya sendiri terutama dalah hal pendidikan. Pada masa ini, orang tua harus mengajak anak diskusi tentang pilihannya karena tentunya akan mempengaruhi besarnya biaya pendidikan yang harus disiapkan untuk membayar nantinya.

Baca Juga: Jangan Bimbang, Ini 4 Alasan Pentingnya Menyiapkan Asuransi Pendidikan Anak

Demikian 5 kesalahan orang tua ketiak hendak mempersiapkan dana pendidikan anak. Perhatikan lima hal di atas agar tidak memiliki kesulitan, ya, Moms!

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas