Demam pada bayi tentu akan membuat orang tua cemas. Suhu tubuh yang tinggi pada bayi merupakan indikator bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh dan memerlukan pengobatan secara medis.

Demam adalah kondisi ketika otak meningkatkan suhu inti tubuh dari normal. American Academy of Pediatrics mendefinisikan demam pada bayi sebagai suhu tubuh yang lebih tinggi dari 38 derajat celsius. Kisaran suhu tubuh normal bayi adalah antara 36,4 hingga 37,5 derajat celsius.

Moms jangan panik dulu ketika anak demam. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan demam anak adalah dengan memberikan banyak cairan. Pasalnya cairan menyerap panas tubuh dan dapat membantu menormalkan suhu tubuh.

Salah satu cairan yang aman dikonsumsi oleh bayi adalah ASI. Menyusui dapat membantu melindungi bayi dari sakit, tetapi itu tak sepenuhnya bisa mencegah penyakit.

Menyusui membantu anak ketika mereka sakit karena ASI memberikan nutrisi dan cairan penting yang dibutuhkan anak agar tetap terhidrasi. Selain itu, ketika disusui oleh ibu, anak akan merasa nyaman meski tubuhnya sedang sakit.

Baca Juga: Mengenal 8 Jenis Feses Bayi, Dari yang Normal hingga Menunjukkan Penyakit Serius!

Enggak kalah penting, antibodi dalam ASI juga dapat mempersingkat masa penyembuhan sehingga bayi lebih cepat pulih. Untuk bayi di atas usia 6 bulan bisa dikombinasikan dengan air putih. Usahan untuk memberi makan bayi sesering mungkin agar mereka tetap terhidrasi dan bisa meredakan suhu tubuhnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas