Maudy Ayunda mengumumkan kabar bahwa dirinya telah lulus S2 dari Stanford University. Ia membagikan foto kelulusannya mengenakan kebaya merah dengan rok batik.

Berlapis toga dari Stanford University, Maudy tampak anggun dengan rambut disanggul. Senyum bahagia terpancar di wajahnya.

View this post on Instagram

A post shared by Maudy Ayunda (@maudyayunda)

“Aku sudah lulus!” tulis Maudy mengawali caption panjang dalam unggahan Instagramnya.

Artis 26 tahun ini kemudian menceritakan pengalaman menempuh pendidikan di luar negeri itu. Ia membagikan banyak pengalaman menarik yang sudah dilaluinya.

"Dua tahun benar-benar sudah berlalu. Kata-kata tidak bisa menggambarkan berapa banyak yang telah saya pelajari dari pengalaman ini, terutama karena diwarnai oleh tantangan yang unik dan tak terduga," ungkapnya.

Dalam keterangan fotonya, ia juga menceritakan tantangan kuliah di masa pandemi Covid-19. Maudy mengaku harus banyak menyesuaikan diri dengan keadaan kini.

"Maret tahun lalu, pengalaman saya di Stanford berubah dalam semalam. Kelas zoom dan wajib masker mengubah cara saya belajar dan berinteraksi. Tapi di satu sisi, rasa mawas diri saya ditingkatkan," ujar Maudy.

"Saya ditekankan untuk memegang kendali, mempertimbangkan dan mendahulukan prioritas. Saya harus memutuskan dengan cepat dan tanpa penyesalan tentang apa yang benar-benar penting bagi saya," lanjutnya.

Pemeran Habibie & Ainun 3 itu merasa bersyukur atas pencapaiannya. Kini, ia akan memfokuskan diri untuk menerapkan apa yang sudah dipelajarinya.

Baca Juga: Sudah Sukses Jadi Artis, Maudy Ayunda Heran saat Ditanya 'Kapan Kerja Beneran?': Orang Anggap Pekerjaan Kita Kurang Value!

"Saya bersyukur untuk setiap hal. Merupakan hal yang sangat luar biasa untuk bisa berjalan di tembok-tembok ini. Saya harap ke depannya saya bisa membayarnya," ucap Maudy Ayunda.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas